Selasa, Maret 10, 2009

Antara Jakarta, Singapura, dan Kuala Lumpur




Aku menginjakkan kaki di bumi yang terbentang di sana
Aku minum air yang memancar di sana
Aku menghirup udara yang berhembus di sana
Semuanya sama
Tidak ada yang berbeda
Antara yang di sini dengan yang di sana


Aku amati lagi
Tetap tidak ada beda
Aku lihat lagi
Tetap tidak ada yang aneh
Semua sama
Hanya tempat yang berbeda
Ini di sini, itu di sana

Begitu pula orang-orang di sana
Tak beda dengan orang-orang di sini
Hanya karena faktor sistem sosial-budaya
Hanya karena faktor sistem ekonomi
Hanya karena faktor sistem hukum, dan
Hanya karena faktor geopolitik
Mereka yang di sana dipisahkan dengan yang di sini

Tuhan menciptakan mahlukNya tersebar dimana-mana
Bersyukurlah aku diberi kesempatan
Mengunjungi bagian bumi yang lain ciptaanNya
Menjadi saksi atas kekuasaanNya


Akupun semakin mengerti dan memahami maksud Tuhan
Manusia diciptakan berkelompok dan berbangsa
Agar saling mengenal satu sama lain
Antara Jakarta, Singapura, dan Kuala Lumpur...

@Kuala Lumpur, 10 Maret 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar