Jumat, April 03, 2009

Catatan Perjalanan: Malam Maulid Nabi

Tengah malam sekitar pukul 12.00 di malam Maulid Nabi tanggal 9 Maret 2009, Kereta yang kutumpangi meluncur dari Singapura menuju Kuala Lumpur.Kulihat beberapa penumpang sudah terlelap tidur. Sedangkan aku walau sangat lelah selama 2 hari keliling kota Singapura, namun belum bisa tertidur.

Dalam keheningan malam dan hanya terdengar suara kereta api beradu dengan relnya, membuat malam semakin senyap dan syahdu. tidak ada suara takbir atau shalawat Nabi seperti di rumah, yang biasa terdengar dari masjid-masjid sekitar rumah.

Ku teringat sosok Rosullullah , manusia agung yang diciptakan Allah Swt.apa yang bisa kulakukan dalam rangka meneladani sifat-sifatnya? kuteringat sholat ku selama 2 hari di Singapura terasa kacau secara syariat(menurut ku ) , karena perjalanan team dan tidak mudah meninggalkan rombongan , sholatku sering di rangkap-rangkap. Bahkan kadang bertayamum dan sulit menemukan tempat wudhu apalagi tempat sholat. bahkan arah kiblat pun belum tentu benar. aku hanya kuatkan niat .belum lagi makanan halal nya, walau mereka mengatakan 'no pork', namun aku tidak bisa menjaminnya, hampir selera makan ku di Singapura hilang saatmencium bau masakan noodle di seluruh lantai food court yang bagiku sangat membuat mual dan pusing.

Malam semakin panjang, dan aku belum bisa tertidur, selain kursi yang aku duduki tidak nyaman, pintu lorong kereta sering terbuka bila ada penumpang yang lewat , akibatnya suara mesin kereta semakin kencang terdengar masuk dan AC dari gerbong lain pun ikut masuk , dingin menusuk tulang.Pintu gerbang baru akan tertutup kembali setelah sekian menit terbuka,rupanya pintu otomatis nya sudah tidak berfungsi dengan baik.

Akhirnya aku bersholawat Nabi lalu kuputuskan sholat sunnah di kereta tengah malam ini dengan bertayamum dan sholat sambil duduk di kereta. Setelah itu karena kantuk juga belum datang, aku merenung sosok Nabi hingga perjalanan takdirku per detik ini. Hanya itu yang bisa aku lakukan mengisi malam Maulid Nabi ku, di kereta menuju Singapura to KL.

@Jakarta 3 April 2009
Sumber foto: http://sukemy.tripod.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar